ASRI SABRINAH, - (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN NURUL ILMI PERAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ASRI SABRINA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Asri Sabrinah , (2023( : Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) Terhadap Keaktifan Belajar bahasa arab Siswa di Pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap keaktifan belajar siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang yang berjumlah 401 orang dan sampel yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data ialah dengan memberikan angket serta dokumentasi. Dari analisi data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap keaktifan belajar siswa di pondok pesantren Nurul Ilmi Perawang. Yang ditunjukkan dengan nilai “t-statistik sebesar 3,431> 1,96 dengan nilai probalitas (p-values) sebesar 0,001<0,05. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Kata kunci : pengaruh, kecerdasan emosional, keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73231 |
Actions (login required)
View Item |