MUHAMMAD IQBAL, - (2023) PENERAPAN PROGRAM LINGKUNGAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL KUANTAN SINGINGI – RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS MUHAMMAD IQBAL.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Iqbal (2023) Penerapan Program Lingkungan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi – Riau Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengetahui bagaimana penerapan dan manajemen lingkungan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi - Riau. Dengan adanya manajemen akan merubah hal yang lebih sistematis dan terarah. Tujuan tersebut meliputi: 1) menganalisis manajemen lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi - Riau. 2) menganalisis hambatan dan solusi manajemen lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi - Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kuantan Singingi - Riau dengan subjek adalah pembina pondok, pengurus bagian bahasa dan siswa. Dan yang menjadi informan adalah pembina pondok. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret sampai bulan Juni. Sumber data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian manajemen pembelajaran bahasa Arab ini diperoleh bahwa 1) fungsi perencanaan meliputi; membuat jadwal harian, membuat program kerja meliputi program kerja harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, serta melakukan penilaian dan sumber belajar. 2) fungsi pengorganisasian yaitu mendesain pembelajaran menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan para siswa dan metode yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan materi. 3) fungsi pengarahan meliputi; implementasi kurikulum dengan langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab (percakapan, membaca, menulis, dan struktur kalimat), pengarahan dalam proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan suasana yang kondusif, evaluasi pembelajaran bahasa Arab, dilakukan dengan dua tahapan yaitu: evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. 4) fungsi pengawasan dengan cara melihat hasil kerja guru, hasil didikannya, penerapan strategi pembelajaran, prestasi belajar yang dicapai siswa, dan mengamati tingkah laku siswa. 5) Hambatan-hambatan meliputi: fasilitas yang disediakan di pondok kurang memadai, sebagian siswa berasal dari SD Negeri dan bukan dari pondok pesantren, dan padatnya kegiatan membuat siswa merasa jenuh. 6) Solusi-solusi meliputi minimnya fasilitas di pondok tidak mengurangi pelaksanaan pembelajaran, setiap siswa yang berasal dari SD Negeri diberi bimbingan khusus, serta dengan padatnya kegiatan para dewan asatidz memberikan pelajaran dengan cara bukan formal melainkan secara kekeluargaan. Kata Kunci : Penerapan, Program, Manajemen, Lingkungan Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73007 |
Actions (login required)
View Item |