Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE RUNNING DICTATION TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA SMPIT AL-ITTIHAD PEKANBARU

SABRINA AYUNARLA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE RUNNING DICTATION TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA SMPIT AL-ITTIHAD PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SABRINA AYUNARLA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sabrina Ayunarla, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Running Dictation Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode running dictation terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa SMPIT Al- Ittihad Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah penerapan metode running dictation berpengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru?‖. Populasi penelitian adalah guru dan siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru, yang berjumlah 247 siswa. Dengan sampel penelitian siswa kelas VIII, kelas VIII Zainab sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Hafshah sebagai kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru. Dan objek penelitian adalah pengaruh penerapan metode running dictation terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode running dictation terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test dengan diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode running dictation terhadap peningkatan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa SMPIT Al-Ittihad Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Running Dictation, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:00
Last Modified: 04 Jul 2023 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72315

Actions (login required)

View Item View Item