HANIFA NOOR, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA OLAHRAGA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
HANIFA NOOR (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA OLAHRAGA PROVINSI RIAU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provins Riau, dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah 44 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah memberikan tes unjuk kerja menulis cerita pendek. Hasil penelitian menunjukan; pertama rata-rata keterampilan menulis kelas kontrol pada saat pretest sebesar 60,00 dan pada saat posttest 73,00. Sedangkan rata-rata keterampilan menulis kelas eksperimen pada saat pretest sebesar 57,95 dan pada saat posttest sebesar 80,23. Kedua, Hasil keterampilan akhir menulis (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat thitung sebesar 2.397 dengan signifikansi 0,021. Diperoleh nilai ttabel dengan df=42 pada alpha 5% (2-tailed) sebesar 2.018 sedangkan thitung 2.397. Dengan demikian nilai thitung 2.397 > ttabel 2.018 atau signifikansinya (0,021) < alpha (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis dari penelitian ini adalah H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan begitu model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Olahraga Provinsi Riau. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis Cerpen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 07:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72008 |
Actions (login required)
View Item |