RICKY DASNI, - (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK UNTUK PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
|
Text
SKRIPSI RICKY DASNI .pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ricky Dasni, (2022) : Manajemen Peserta Didik untuk Pengembangan Minat dan Bakat Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Al-Izhar School Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. 2) Bakat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler 3) Manajemen peserta didik untuk pengembangan minat dan bakat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. 4) Faktor pendukung dan penghambat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek utama penelitian ini adalah kepala sekolah dan siswa, serta yang menjadi informan tambahan yaitu waka kesiswaan, koordinator ekstrakurikuler, ketua OSIS dan anggota. Obyek penelitian ini adalah manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen peserta didik di sekolah menengah kejuruan Islam Terpadu Al-Izhar Pekanbaru dilakukan semaksimal mungkin untuk menfasilitasi dan melayani peserta didik supaya dapat mencetak peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan serta sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungannya. (2) Pengembangan minat dan bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menengah kejuruan Islam Terpadu Al-Izhar Pekanbaru bersifat mewadahi kebutuhan dan dan perlu juga pengembangan sarana dan prasana agar peserta didik sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. (3) Kegiatan dikelola secara langsung oleh bidang kesiswaan. Perencanaan dimulai dengan penyusunan program kegiatan apa saja yang akan diadakan, penyusunan deskripsi kegiatan ekstrakurikuler, penetapan jadwal dan tempat pelaksanaan kegiatan; Pengorganisasian dilakukan penentuan susunan keanggotaan serta penerimaan anggota baru kegiatan ekstrakurikuler; Pelaksanaan meliputi latihan rutin dan keikutsertaan lomba yang ada di luar sekolah; Pengawasan meliputi pengawasan terhadap pembina ekstrakurikuler serta penilaian peserta didik setiap semester. (4) Dalam proses kegiatan ekstrakurikuler terdapat faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik untuk pengembangan minat dan bakat siswa. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pengembangan Minat dan Bakat, Kegiatan Ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:14 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65031 |
Actions (login required)
View Item |