Gusti yuliana (2014) PELAKSANAAN PASTI PAS ! SPBU PADA KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP PELANGGAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada SPBU ABABIL Sukajadi Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah baagaimana pelayanan PASTI PAS! serta bagaimana tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa pada SPBU Ababil dan bagaiman pandangan ekonomi Islam terhadap pelaksanan pelayanan PASTI PAS! Di SPBU Ababil yang terlrtak di jalan Ababil kecamata Sukajadi Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman pelaksanaan PASTI PAS! SPBU Ababil Pada Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Konsumen, serta untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa pada SPBU Ababil dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan PASTI PAS! SPBU Pada Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Pelanggan. Subjek dari penelitian ini adalah pimpinan, seluruh petugas SPBU dan konsumen. Objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan PASTI PAS ! SPBU pada kualitas pelayanan jasa terhadap pelanggan. Popilasi dari penelitian manager, karyawan dan pelanggan SPBU, adapun sampel yang di gunakan dalam penelitian ini melalui accidental sampling adalah penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja secar kebetulan dijumpai peneliti dapat digunakan sebagai sumber data. Sumber data penelitian ini yaitu primer dan skunder. Metode pengumpilan data dengan cara observasi, wawancara dan angket. Metode analisa data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan berpedoman kepada landasan teori yang ada, sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Hasil penelitian yaitu bahwa SPBU Ababil telah melaksanakan pelaksanan PASTI PAS! Yang baik kepada para konsumennya baik dari standar pelayanan 3S(senyum, salam dan sapa) maupun PAS (pas pelaksanaan, pas pengenbalian dan pas pelayanan). Hal ini terbukti dari pernyataan para konsumen yang sebagian bersar dari mereka mendapatkan pelayanan yang baik dan masih terus menggunakan lagi jasa tersebut. Dalam pandangan Islam memberikan pelayanan dengan bukti fisik, dapat diandalkan dalam menjalankan tanggung jawab, tanggapan terhadap keluhan, rasa aman dan peka terhadap kebutuhan pelanggan adalah suatu kewajiban dan harus dilaksanakan sesui dengan syara’. Dalam penelitian ini SPBU Ababil telah melaksanankan sebaik mungkin, namun belum sepenuhnya sesui dengan syara’, karena masih terdapat karyawan yang belum mengembalikan uang kembalian kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 20 Aug 2016 06:39 |
Last Modified: | 20 Aug 2016 06:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6396 |
Actions (login required)
View Item |