Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kamp

Fatma Putri, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kamp. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV(1).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fatma Putri, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran auditory, intellectually, repetition di kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya. Objeknya adalah model pembelajaran auditory, intellectually, repetition dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut terlihat pada peningkatan pemahaman konsep siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan nilai rata-rata pemahaman konsep yang diperoleh siswa mencapai 51,88 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai angka 60,94 dan masih berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya meningkat hingga siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 79 dan sudah berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Palung Raya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:05
Last Modified: 29 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62574

Actions (login required)

View Item View Item