RIZKY FARIANA FATAHIKA, - (2021) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizky Fariana Fatahika (2021): Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru yang berjumlah 166 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan XI IPS yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru mengadakan variasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari perbandingan rhitung dengan rtabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk taraf signifikan 5% (0,498 > 0,320) maupun taraf 1% (0,498 > 0,413), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi terhadap motivasi belajar berdasarkan uji R Square sebesar 24,8%. Sedangkan sisanya 75,2% (100% - 24,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Keterampilan Guru, Variasi, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 07:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 07:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54492 |
Actions (login required)
View Item |