Sahwitra Boang Manalu, - (2021) pengaruh antara Motivasi Belajar dengan vii Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Jurnal pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
gabungan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
Abstract
ABSTRAK Sahwitra Boang Manalu (2021): Pengaruh antara Motivasi Belajar dengan vii Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Jurnal pada Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara motivasi belajar dengan pemahaman siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang yang berjumlah 173 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang yang berjumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan yang menjadi objeknya yaitu hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal umum pada mata pelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows dan untuk hasil penelitian ini digunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 16.0 For windows diperoleh persamaan regresi yaitu regresi yaitu Y = 7,033 + 0,422 X. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh “r” hitung nya sebesar 0,657 dan “r” table nya dengan taraf 5% sebesar 0,244. Karena “r” hitung > “r” table yaitu 0,657 > 0,244 maka Ha “diterima” dan Ho “ditolak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pemahaman siswa dalam menyelesaikan tugas jurnal di SMA Negeri 2 Tambang. Kata Kunci : Pengaruh, Motivasi Belajar, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 03:18 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54444 |
Actions (login required)
View Item |