Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF COOPERATIVE LEARNING IN WRITING ACTIVITY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUANTAN SINGINGI

Desta Wulandari, - (2021) STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF COOPERATIVE LEARNING IN WRITING ACTIVITY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL 1 KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
TESIS DESTA WULANDARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desta Wulandari (2021): Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Pembelajaran Kooperatif pada Aktivitas Menulis di MAN 1 Kuantan Singingi Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan pada siswa kelas XI MAN 1 Kuantan Singingi yang menunjukkan beberapa masalah yang berhubungan dengan penggunaan pembelajaran kooperatif. Masalah - masalah tersebut diantaranya beberapa siswa tidak percaya diri, merasa bosan, menemukan kesulitan, dan kurangnya partisipasi ketika berdiskusi selama proses pembelajaran. Meskipun, pembelajaran kooperatif adalah salah satu pendekatan yang paling efektif dan cocok untuk kegiatan menulis siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif pada aktivitas menulis di MAN 1 Kuantan Singingi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Kuantan Singingi yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional teknik sampling. Jadi, total sampel pada penilitian adalah 119 siswa dari jumlah anggota populasi. Angket digunakan sebagai alat untuk pengambilan data pada penelitian ini yang terdiri dari 4 indikator (perceived about individual contribution, perceived about self-learning, perceived about peer-learning, and, perceived about accountability and communication skills) dengan 20 pernyataan yang diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Kharisma dan Hildayati (2018). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif sebagai metode untuk menganalisa data dengan bantuan program SPSS. Hasil dari analisa data menunjukkan persepsi siswa terhadap pembelajaran kooperatif terdapat pada kategori sangat positif dengan persentase 79.8%. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:27
Last Modified: 12 Jul 2021 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50823

Actions (login required)

View Item View Item