Nasarudin (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN GELAS BILANGAN BATANG TUA-MUDA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media permaianan gelas bilangan batang tua-muda pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Objek penelitiannya adalah penggunaan media permaianan gelas bilangan batang tua-muda. Indikator keberhasilan hasil belajar matematika yang ditetapkan dalam penelitian ini, jika mencapai hasil belajar secara klasikal diperoleh > 75% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media permaianan gelas bilangan batang tua-muda dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar matematika siswa pada pra tindakan dengan persentase ketuntasan 40.91%, sedangkan setelah penerapan tindakan pada siklus I pertemuan pertama ketuntasan klasikal 50% yang terletak pada kategori cukup baik dan pertemuan kedua siklus I dengan ketuntasan klasikal 63.64% yang terletak pada kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketiga diperoleh nilai ketuntasan klasikal mencapai 72.73% yang tergolong ke dalam kategori baik dan pertemuan ke empat siklus II diperoleh nilai ketuntasan klasikal mencapai 90.91% yang tergolong ke dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 May 2016 17:03 |
Last Modified: | 10 May 2016 17:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4624 |
Actions (login required)
View Item |