Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang

Kharunnisak, - (2021) Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
Text
REVISI 1 KHAIRUNNISAK.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kharunnisak (2020): Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tambang tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 108 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengungkap pengaruh variabel minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk memperkuat metode angket dalam mengetahui jawaban siswa mengenai pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach‟s dengan jumlah responden 69 orang siswa. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap hasil belajar dengan hasil 45,4% dan 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain, yang terdiri dari faktor intern seperti faktor kepribadian individual dan faktor ekstern seperti faktor dorongan orang tua, faktor teman sebaya, faktor guru, faktor metode pembelajaran, faktor lingkungan dan perkembangan tekhnologi. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 16:11
Last Modified: 22 Feb 2021 16:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45699

Actions (login required)

View Item View Item