Erlina, - (2020) PENGARUH METODE ROLE PLAYING MELALUI BONEKA TANGAN (HAND PUPPET) TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B TK BABUSSALAM KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI ERLINA FULL file.pdf Download (2MB) |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
Abstract
ABSTRAK Erlina (2020): Pengaruh Metode Role Playing Melalui Boneka Tangan (Hand Puppet) Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Babussalam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode role playing melalui boneka tangan (hand puppet) sebagai metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Babussalam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat anak dalam bermain peran, cenderung masih belum memahami perasaan orang lain, belum mampu menerima pendapat orang lain, belum mengenali berbagai macam perasaan sosial emosional dalam bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-6 tahun kelompok B, objeknya pengaruh metode role playing melalui boneka tangan (hand Puppet) terhadap Perkembangan Sosial Emosional anak Kelompok B TK Babussalam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Anak kelompok B1 usia 5-6tahun. Karena populasi terjangkau maka tidak menggunakan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dalam tes ini yang peneliti lakukan adalah melakukan pre test dengan melihat tingkah laku anak sehari-hari di sekolah, kemudian melakuakn Post Test dengan menggunakan beberapa indikator pencapaian perkembangan sosial emosional anak, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian data analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode role playing melalui boneka tangan (hand puppet) Terhadap perkembangan sosial emosional anak Kelompok B TK Babussalam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru . Hal ini dilihat dari dari r hitung > rtabel (1,860 <5,301> 2,896). Adapun persentase pengaruh metode role playing melalui boneka tangan (hand Puppet) terhadap perkembangan sosial emosional anak Kelompok B TK Babussalam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru adalah sebesar 72,92%(BSB) untuk kelas eksperimen B1 dan persentase kelas kontrol 50,42%(BSH) Kata Kunci: Metode Role Playing, Boneka Tangan (Hand Puppet), dan Perkembangan Sosial Emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 02:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 02:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28024 |
Actions (login required)
View Item |