Aryadi, - (2019) ANALISIS PENGARUH REFFERENCE GROUP INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE DIKALANGAN IKATAN MAHASISWA KABUPATEN LINGGA PEKANBARU DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keputusan pembelian produk secara online di kalangan Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga Pekanbaru, dengan latar belakang masalah bahwa reference group Instagram mengindikasikan kualitas dari produk yang dijualnya, tetapi sebagian konsumen tidak menganggap jumlah tersebut sebagai tolak ukur untuk melakukan pembelian . Penelitian ini bertujuan mengetahui dua hal. Pertama adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara jumlah reference group terhadap keputusan pembelian produk. secara online. Kedua menjelaskan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai keputusan pembelian dalam Islam. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa dan sampel sebanyak 60 mahasiswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan metode kuesioner. Kemudian dilakukan analisis terhadap peningkatan keputusan pembelian produk oleh mahasiwa. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji t, uji koefiesien korelasi, dan uji koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji asumsi klasik diolah. Dengan uji regresi sederhana didapat hasil Y = 6,872 + 1,097X + e. Hasil uji hipotesis penelitian lewat uji t menunjukkan hasil variabel reference group berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan tingkat signifikan 0.00 <α 0.05 dan thitung sebesar 8,531 > nilai ttabel sebesar 2,00172. Kemudian melalui uji koefisien korelasi rhitung sebesar 0,746 > rtabel sebesar 0,2542 menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara variabel reference group dengan variabel keputusan pembelian . Angka R2 menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 55,6% sedangkan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dalam prakteknya keputusan pembelian produk yang dilakukan mahasiwa belum sesuai dengan syariat karena alasan membeli produk ialah mengikuti tren terkini. Namun, terkait pencarian informasi sebelum membeli produk sudah sesuai dengan syariat Islam karena mahasiswa menelusuri terlebih dahulu kebenaran akun Instagram tersebut dengan cara melihat dengan cara melihat komentar, like, testimoni konsumen lain dan follower lalu mempertimbangkannya sebagai acuan untuk melakukan pembelian. Keyword: Reference Group, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:17 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25316 |
Actions (login required)
View Item |