Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK

Rika Julita (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sebagian siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kuok serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas X.2 sebagai kelas kontrol dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir serta dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,02 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,8 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 17,8%. Kata Kunci : Discovery Learning, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Siswa, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Feb 2016 08:07
Last Modified: 09 Feb 2016 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item