SAHRIAL HASIBUAN, 11311105015 (2017) PERAN GURU MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KEMALA BHAYANGKARI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam, faktor yang mempengaruhi peran guru membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tenik Purposive Random Sampling, Pada penelitian ini penulis memfokuskan penelitian untuk satu guru dan siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 99 siswa, Dikarenakan kelas IX sedang fokus untuk persiapan UN. Mengingat populasi kurang dari 100 maka peneliti menjadikan keseluruhan populasi sebagai sampel, yakni siswa kelas VII dan VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru yang berjumlah 99 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan wawancara. Angket diajukan kepada siswa kelas VII dan VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru dan wawancara diajukan kepada guru PAI SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Data yang terkumpul melalui angket dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase sedangkan data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Guru PAI sudah mempunyai peran membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru, hal ini diketahui dari hasil angket yang disebarkan kepada siswa dan hasil wawancara dari guru PAI. Adapun hasil akhir dari pengolahan data melalui angket yang menunujukkan persentase 79,3 %. Jika ditilik dengan pedoman standar patokan yang telah dibuat maka berada pada rentang 60-80 %, sehingga dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa peran guru membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru di kategorikan baik. Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam mengatakan faktor yang mempengaruhi peran guru membentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru meliputi: jenjang pendidikan guru, pengalaman mengajar mengajar guru dan kompetensi guru. Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara kepada Guru Pendidikan Agama Islam mengatakan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru meliputi: siswa itu sendiri, guru dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 09:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 09:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21542 |
Actions (login required)
View Item |