NOPITA SARI, 11315200497 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOINTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUKMEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (544kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengembangkan Video Interaktif berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kateman. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan objek penelitian ini adalah Media Pembelajaran Video Interaktif Siswa berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, Media Pembelajaran Video Interaktif Siswa berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,66%. Berdasarkan uji praktikalitas, Media Pembelajaran Video Interaktif Siswa berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92,6%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa Video Interaktif yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, Media Pembelajaran Video Interaktif berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning sudah memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 75,46% dinyatakan kategori sedang. Kata Kunci: Video Interaktif, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 08:42 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 08:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21532 |
Actions (login required)
View Item |