Neka Firda Madiastuty, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II OK.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III OK.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa MAN 3 Pekanbaru pokok bahasan Koloid masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap pokok bahasan koloid kelas XI di MAN 3 Pekanbaru, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2, dimana kelas XI 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelasXI Mia 1 sebagai kelas eksperimendengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,57 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01, menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap hasil belajar kimia siswa di MAN 3 Pekanbaru, dan untuk koefisien pengaruh yaitu sebesar 12%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl), Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Hasil Belajar, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl), Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Hasil Belajar, Koloid |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20887 |
Actions (login required)
View Item |