Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Di Kota Pekanbaru

M.Yusuf (2018) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Di Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201806DPAI_COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201806DPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201806DPAI_Kata Peengantar.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201806DPAI_DAFTAR IS1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201806DPAI_ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201806DPAI_Bab I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201806DPAI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201806DPAI_BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
9. 201806DPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img]
Preview
Text
10. 201806DPAI_BAB V.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201806DPAI_Daftar Kepustakaan.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Persoalan pendidikan Islam di Indonesia dalam beberapa studi pada umumnya masih berkutat pada persoalanpersoalan dasar yang serius yaitu kepala sekolah yang berperan sebagai pejabat dan kurang memiliki visi seorang enterprener dan pendidik, sistem pendidikan yang tidak padu, sistem administrasi pendidikan yang terlalu birokratis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS se-kota Pekanbaru. Sekaligus juga ingin mengetahui kekuatan-kekuatan atau nilai-nilai dominan yang menyebabkan model kepemimpinan kepala MTs Kota Pekanbaru menjadi efektif dalam mengembangkan mutu pendidikan Madrasah. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus pada model kepemimpinan dalam mengelola sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Teknik analisis dibuat dengan prosedur data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian adalah bahwa model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kota Pekanbaru adalah otoriter dan demokratis. Selain itu, model kepemimpinan kepala MTs di kota Pekanbaru adalah kolaboratif religious, model ini memiliki kekuatan dalam mengembangkan pendidikan Islam, karena mengandung kekuatan kultural terutama orang yang berposisi sebagai pemimpin,yaitu terletak pada komitmennya terhadap nilai-nilai etis religious, misalnya bermusyawarah, keteladanan (uswah hasanah), kepribadian (integrity), dan persaudaraan (al-Ukhuwah). Model demikian juga mampu membangun budaya oragnisasi yang efektif. Budaya efektif yang dilakukan kepala MTs di kota Pekanbaru ditandai dengan menjadi pendorong keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Maka model ini dapat disebut kolaboratif religious melalui pola kepemimpinan IHSAN (Ihlas, Harmoni, Santun, Aktif dan ke Nabian). Artinya kepala MTs di kota Pekanbaru menggabungkan model otoriter- demokratis dengan nilai-nilai ajaran agama dalam pelaksanaan kepemimpinannya. Dalam pelaksanaannya model tersebut ternyata tidak kaku, akan tetapi dapat diberlakukan sesuai dengan situasional. Kata kunci : Model Kepemimpinan, kepala Madrasah, mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:55
Last Modified: 26 Sep 2019 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20773

Actions (login required)

View Item View Item