M.Yusuf (2018) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Di Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201806DPAI_COVER.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201806DPAI_PENGESAHAN.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201806DPAI_Kata Peengantar.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201806DPAI_DAFTAR IS1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201806DPAI_ABSTRAK.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201806DPAI_Bab I.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201806DPAI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201806DPAI_BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
9. 201806DPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
||
|
Text
10. 201806DPAI_BAB V.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201806DPAI_Daftar Kepustakaan.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan Kepala Madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Persoalan pendidikan Islam di Indonesia dalam beberapa studi pada umumnya masih berkutat pada persoalanpersoalan dasar yang serius yaitu kepala sekolah yang berperan sebagai pejabat dan kurang memiliki visi seorang enterprener dan pendidik, sistem pendidikan yang tidak padu, sistem administrasi pendidikan yang terlalu birokratis. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS se-kota Pekanbaru. Sekaligus juga ingin mengetahui kekuatan-kekuatan atau nilai-nilai dominan yang menyebabkan model kepemimpinan kepala MTs Kota Pekanbaru menjadi efektif dalam mengembangkan mutu pendidikan Madrasah. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus pada model kepemimpinan dalam mengelola sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Teknik analisis dibuat dengan prosedur data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian adalah bahwa model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Kota Pekanbaru adalah otoriter dan demokratis. Selain itu, model kepemimpinan kepala MTs di kota Pekanbaru adalah kolaboratif religious, model ini memiliki kekuatan dalam mengembangkan pendidikan Islam, karena mengandung kekuatan kultural terutama orang yang berposisi sebagai pemimpin,yaitu terletak pada komitmennya terhadap nilai-nilai etis religious, misalnya bermusyawarah, keteladanan (uswah hasanah), kepribadian (integrity), dan persaudaraan (al-Ukhuwah). Model demikian juga mampu membangun budaya oragnisasi yang efektif. Budaya efektif yang dilakukan kepala MTs di kota Pekanbaru ditandai dengan menjadi pendorong keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Maka model ini dapat disebut kolaboratif religious melalui pola kepemimpinan IHSAN (Ihlas, Harmoni, Santun, Aktif dan ke Nabian). Artinya kepala MTs di kota Pekanbaru menggabungkan model otoriter- demokratis dengan nilai-nilai ajaran agama dalam pelaksanaan kepemimpinannya. Dalam pelaksanaannya model tersebut ternyata tidak kaku, akan tetapi dapat diberlakukan sesuai dengan situasional. Kata kunci : Model Kepemimpinan, kepala Madrasah, mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:55 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20773 |
Actions (login required)
View Item |