Kasmawati (2018) Konsep Pendidikan Akhlak menurut K.H. Ahmad Dahlan. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018227TTH_COVER KASMAWATI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018227TTH_PENGESAHAN.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018227TTH_KATA PENGANTAR.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018227TTH_DAFTAR IS1.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018227TTH_ABSTRAK.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018227TTH_Bab I Oke.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018227TTH_Bab II Oke.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018227TTH_Bab III Oke.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
9. 2018227TTH_Bab IV Oke.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
||
|
Text
10. 2018227TTH_Bab V Oke.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018227TTH_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (591kB) | Preview |
Abstract
Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep K.H. Ahmad Dahlan mengenai pendidikan Akhlak?Bagaimana Relevansi Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif K.H. Ahmad Dahlan dengan Pendidikan Karakter dalam Sistem Pendidikan Nasional?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan teknik penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah falsafah ajaran K.H. Ahmad Dahlan, sumber sekundernya adalah buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Analisis Isi (Content Analysis). Temuan penulis berkaitan dengan pertanyaan yang ada bahwa Pertama, Konsep K.H. Ahmad Dahlan mengenai pendidikan karakter adalah benar dan salah, baik dan tidak baik yang ditentukan oleh hukum yang sah dan suci dalam kacamata Islam yang sesui dengan Al-Qur’an dan AS-Sunnah. Dasar pendidikan karakter K.H. Ahmad Dahlan diutamakan dengan pendidikan Islam yang terdiri melalui 3 perkara yakni iman, ilmu dan amal. Pendidikan karakter K.H. Ahmad Dahlan juga terdapat pada tujuh intisari falsafah dan pesan-pesan wasiat beliau selama mengajar. pendidikan karakter yang beliau terapkan dengan menanamkan karakter kepada peserta didiknya melalui pendidikan akhlaq yang sesuai dengan Al-quran dan as-sunnah sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter berlandaskan Islam. Kedua, Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Kemendiknas dengan Pendidikan Akhlak Perspektif K.H. Ahmad Dahlan diantaranya yaitu, nilai karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun pendidikan karakter K.H. Ahmad Dahlan dapat mendukung pendidikan karakter Kemendiknas sehingga mampu menciptakan pendidikan karakter yang efektif. Kata kunci: K.H. Ahmad Dahlan, Pendidikan Akhlak
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:44 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20688 |
Actions (login required)
View Item |