Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA (IKMS) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEHUTANAN PEKANBARU

NOVITA FITRI, 11313202783 (2017) PROBLEMATIKA PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA (IKMS) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEHUTANAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk megetahui problematika penyusunan program BK berbasis IKMS, (2) Faktor penyebab problematika penyusunan program BK berbasis IKMS, (3) Solusi guru BK untuk mengatasi problematika penyusunan program BK berbasis IKMS di SMK Kehutanan Pekanbaru. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan di analisis menggunakan teknik perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan belum mengikuti langkah-langkah penggunaan instrumen (2) siswa asal-asalan, tidak jujur, malas-malasan asal ceklis dan tidak serius dalam mengisi angket IKMS (3) Pengolahan dan pemaknaan jawaban angket IKMS; Tidak dilaksanakan secara keseluruhan, (4) Guru BK dan seluruh personil sekolah tidak melaksanakan musyawarah terkait penyusunan program BK, (5) Guru BK belum bisa meminimalisir waktu penyusunan Program BK, (6) Instrumen IKMS belum efektif bagi siswa, (7) Belum ada pembaharuan instrumen IKMS. Faktor penyebab problematika penyusunan program BK berbasis IKMS adalah :(1) Siswa; Persepsi negatif siswa, program BK jarang dilaksanakan dan pengalaman buruk siswa terhadap BK, (2) Musyawarah penyusunan program BK; minimnya waktu dan pengetahuan personil sekolah mengenai BK serta latar belakang pendidikan yang berbeda, (3) Waktu; adanya beberapa panggilan saat penyusunan program BK sehingga penyusunan program tertunda, (4) Efektivitas instrumen; siswa tidak mengisi angket IKMS dengan serius dan jujur. Solusi Guru BK dalam mengatasi problematika penyusunan program BK berbasis IKMS: (1)Mengikuti pelatihan penunjang profesi untuk mendapatkan informasi terkait program BK, (2) Menyusun program tambahan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, (3) Meminta jam pelajaran tambahan dalam pengisian angket IKMS yang berjumlah 180 pernyataan, (4) Menjelaskan kembali terkait tujuan, fungsi dan kegunaan IKMS terhadap siswa, (5) Berinovasi dalam pelaksanaan layanan, (6) Mencari instrumen lain yang lebih efektif untuk mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan siswa. Kata Kunci : Problematika, Penyusunan Program BK, IKMS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 13 Sep 2019 04:49
Last Modified: 13 Sep 2019 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20178

Actions (login required)

View Item View Item