AYUNINGTYAS DWI UTAMI PUTRI, 11318204256 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan sekitar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Peneltian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 72. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas III A dan III B Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis (Pretest dan Posttets). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan pendekatan lingkungan sekitar mengalami peningkatan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pendekatan lingkungan sekitar. Dapat diketahui dari pengolahan data diperoleh nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,0948>1,9944) sehingga Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Adapun besarnya persentase pengaruh pendekatan lingkungan sekitar pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa sebesar 34,35%. Kata Kunci : Pendekatan pembelajaran, Pendekatan Lingkungan Sekitar, Hasil belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:59 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20087 |
Actions (login required)
View Item |