Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PEKANBARU

AYUNINGTYAS DWI UTAMI PUTRI, 11318204256 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan lingkungan sekitar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Peneltian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 72. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas III A dan III B Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis (Pretest dan Posttets). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penggunaan pendekatan lingkungan sekitar mengalami peningkatan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pendekatan lingkungan sekitar. Dapat diketahui dari pengolahan data diperoleh nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,0948>1,9944) sehingga Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Adapun besarnya persentase pengaruh pendekatan lingkungan sekitar pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa sebesar 34,35%. Kata Kunci : Pendekatan pembelajaran, Pendekatan Lingkungan Sekitar, Hasil belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:59
Last Modified: 12 Sep 2019 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20087

Actions (login required)

View Item View Item