MAR’ATUS SHOLIHAH, 11311202575 (2017) PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP HASILBELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (696kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (565kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler keagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru tahun ajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, IX yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler keagamaan sebanyak 686 siswa dan sampelnya sebanyak 64 siswa. Data tentang aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler pada penelitian ini diambil dengan instrumen angket, sedangkan untuk data hasil belajar diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan nilai mid semester siswa, uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakanAlpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan korelasi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler keagamaan termasuk dalam kategori sangat baik 88,56 %. Sedangkan untuk hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik 83,14 %. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler keagamaan terhadap hasil belajar siswa dengan harga rhitung 0,634> rtabel. Sedangkan nilai signifikansi (0,00) < taraf siginikansi (0,05). Nilai determinan R2 = 0,402 yang berarti sumbangan pengaruh aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler keagamaan terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 4,02%, sedangkan 59,8 % ditentkan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 02:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 02:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19845 |
Actions (login required)
View Item |