Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI SINTESIS TIGA MENJADI SATU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARITBARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

JASMIDAR, 11318204864 (2017) PENERAPAN STRATEGI SINTESIS TIGA MENJADI SATU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARITBARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini terbukti bahwa terdapat 9 orang siswa dari 15 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 61,33 dengan ketuntasan klasikal 40%. Kemudian setelah menerapkan strategi sintesis tiga menjadi satu pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69,33 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 83,33 dengan ketuntasan klasikal 93,33%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi sintesis tiga menjadi satu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:49
Last Modified: 04 Sep 2019 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item