RISKI MAHERZA, 11213103288 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi kurikulum muatan lokal dan faktor yang mempengeruhi implementasi kurikulum muatan lokal di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dimualai dengan menangkap berbagai fakta atau fenomena-fenomena sosial, melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisanya dan berupaya melakukan teorisasi berdasarkan apa yang diamati tersebut. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Implementasi kurikulum muatan lokal bahasa arab dan kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pertama pada tahap perencanaan, muatan lokal yang digunakan oleh sekolah sudah merupakan ketentuan dari Muhammadiyah. Sehingga, sekolah hanya perlu menyusun silabus, RPP dan menyiapkan tenaga pendidik. Kedua pada tahap pelaksanaan terkait dengan Kendala yang dihadapi para tenaga pendidik, baik persiapan, pelaksanaan di kelas maupun evaluasi pembelajaran. Dan ketiga pada tahap evaluasi, ada dua macam evaluasi muatan lokal yaitu evaluasi pembelajaran dan evaluasi program. Evaluasi pembelajaran muatan lokal sama seperti evaluasi pembelajaran lainnya seperti adanya ulangan harian dan ujian semester baerupa lisan dan tulisan. Sedangkan evaluasi evaluasi program terkait dengan muatan lokal yang digunakan, dalam hal ini tidak terlihat sekolah melakukan evaluasi program muatan lokal khususnya untuk muatan lokal Kemuhammadiyahan. Ada dua faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum muatan lokal bahasa arab dan kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru, yakni faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung implementasi kurikulum muatan lokal di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru adalah ketersediaan media dan sumber belajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambat implementasi kurikulum muatan lokal di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Pekanbaru adalah minat peserta didik dan latar pendidikan peserta didik yang berbeda-beda, dan tidak adanya sumber belajar yang memadai khususnya untuk muatan lokal Kemuhammadiyahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:41 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18207 |
Actions (login required)
View Item |