Sumarni (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI SE KECAMATAN SIAK HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201880TMPI_COVER TESIS.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201880TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201880TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201880TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201880TMPI_ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201880TMPI_BAB I.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201880TMPI_BAB II.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201880TMPI_BAB III.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
9. 201880TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
||
|
Text
10. 201880TMPI_BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201880TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai manajer. Sebagai seorang menejer kepala sekolah dituntut mampu melakukan tugas menejemen, manajemen merupakan proses yang kontiniu yang menuntut kemampuan khusus yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu kegiatan dalam mengkordinasikan dan menggunakan segala sumber untuk mencapai suatu tujuan secara produktif, efektif dan efesien untuk kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Begitu juga untuk program peningkatan dan pengembang pendidikan karakter, mengingat pendidikan karakter yang menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai sekolah karena merupakan tujuan dari pendidikan nasional. Pendidikan karakter harus menjadi gerakan nasional yang menjadikan sekolah sebagai agen untuk membangun karakter . Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Karakter di SMA Negeri se Kecamatan Siak Hulu dan apasaja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk menjawab masalah tersebut penulis menggunakan penelitian lapangan, (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini hal yang dilakukan adalah mengumpulkan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian menganalisis data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Karakter di SMA Negeri se Kecamatan Siak hulu ini, tergolong kurang baik, berdasarkan data angket yang penulis sebarkan kepada ketiga orang kepala sekolah SMAN Negeri Siak Hulu kebanyakan menjawab kadang-kadang dan Jarang melakukan item-item yang ditanyakan. ketiga kepala sekolah berada pada persentase kurang baik, karena berada dibawah pada 56 % (kategori kurang baik) Adapun Faktor-faktor pendukung Implementasi Manajemen Kepala Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Karakter di SMA Negeri se Kecamatan Siak Hulu adalah : Latar belakang pendidikan kepala sekolah yang memang sudah di bidangnya, Komite sekolah sangat membantu kegiatan pengembangan karakter, Tenaga guru yang profesional, Sarana dan prasarana yang memadai, Kurikulum 2013 yang sarat akan pembinaan karakter, dan Adanya Rohis dan tim kedisiplinan. Adapun Faktor-faktor penghambatnya adalah Latar belakang budaya siswa yang berbeda-beda, Keterbatasan dana dalam program pengembangan karakter, Kepala sekolah yang terlalu sibuk melakukan tugas dinas ke luar, sehingga kurang memiliki waktu untuk melakukan pengontrolan langsung, sebahagian guru yang melimpahkan tugas pengembangan karakter hanya terfokus pada tim saja, Kurangnya kepekaan orang tua terhadap anak, dan mereka beranggapan bahwa pengembangan karakter hanya menjadi tanggung jawab sekolah, dan kurangnya kejasama masyarakat yang berdomisili di sekitar sekolah
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 08:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 08:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16809 |
Actions (login required)
View Item |