Nur Jannah Nasution (2018) Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Di Pasar Tradisional Dengan Kepribadian Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Pasar Tradisional Kota Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201851TES_Cover.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201851TES_PENGESAHAN.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201851TES_kata pengantar.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201851TES_daftar isi.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201851TES_ABSTRAK.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201851TES_BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201851TES_BAB II.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201851TES_BAB III.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
9. 201851TES_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
|
Text
10. 201851TES_BAB V.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201851TES_daftar pustaka.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Islam sebagai agama yang banyak di anut oleh sebagian besar pedagang di pasar tradisional Kota Pekanbaru yaitu pasar Cikpuan,Simpang Baru dan pasar Baru Arengka, memiliki sumber hukum berupa Al-Qur’an dan sunnah Rasul yang beretika. Sebagai seorang muslim hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu di landasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran Islam. Namun di pasar Cikpuan, Simpang Baru dan Pasar Baru Arengka masih terdapat pedagang yang berperilaku yang tidak etis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Diantara faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang adalah etika bisnis Islam dan kepribadian. Etika bisnis Islam dan kepribadian merupakan pengaruh dalam keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang pasar Cikpuan, Simpang Baru, dan pasar Baru Arengka dengan kepribadian sebagai variabel moderasi. Hipotesis pertama menguji apakah etika bisnis Islam berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Hipotesis kedua menguji apakah kepribadian merupakan variabel moderasi dalam hubungan antara etika bisnis Islam dan perilaku pedagang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah pedagang pasar Cikpuan, Simpang Baru dan pasar Baru Arengka yang berjumlah 95 pedagang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Metode penelitiannya adalah Field Research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel independent dengan variabel dependen sebagai variabel moderating. pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuesioner dan mendapatkan data sekunder. Kemudian, analisis data meliputi analisis deskriptif, pengujian hipotesis yang dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan moderating regression analysis (MRA). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hasil lain yang dapat disimpulkan adalah bahwa variabel Kepribadian sebagai variabel moderator memperkuat pengaruh hubungan dari variabel etika bisnis Islam dan variabel perilaku pedagang pasar Cikpuan, Simpang Baru dan Pasar Baru Arengka. Sehingga dengan pedagang mengetahui etika bisnis Islam dan memiliki kepribadian yang baik maka perilaku pedagang semakin baik dan tidak merugikan pembeli. Kata kunci :Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Kepribadian
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 14 Jul 2019 07:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2019 07:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15859 |
Actions (login required)
View Item |