DIAN NOVITA (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018977PMT.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018977PMT.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018977PMT.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018977PMT.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018977PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018977PMT.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018977PMT.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018977PMT.pdf Download (818kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018977PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018977PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018977PMT.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 16 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah PosttestOnly Control Design. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Fctorial design). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan komunikasi matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa menggunakan pembelajaran konvensional (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) Terdapat kontribusi antara kemampuan awal dengan komunikasi metamatis (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal terhadap komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 16 Pekanbaru. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 04:31 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 04:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14148 |
Actions (login required)
View Item |