Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PEKANBARU

ANGGUN SASMIA (2018) PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018718KI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018718KI.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018718KI.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018718KI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018718KI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018718KI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018718KI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018718KI.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018718KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018718KI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018718KI.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain the one group pre-test post-test yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa yang memerlukan layanan bimbingan kelompok dan objek penelitian ini adalah penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya bullying dengan populasi siswa kelas VII 8 yang berjumlah 36 orang. Jenis sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik ttest menggunakan paired sample T-tes. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Hasil ini diperoleh dari nilai t hitung > t tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (1,796 < 27,283 > 2,718) atau dengan nilai probabilitas 0,00 <0,05, ini berarti penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok terbukti signifikan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Kata kunci : Penerapan Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok, Pemahaman Siswa, Bahaya Bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 May 2019 02:52
Last Modified: 27 May 2019 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13404

Actions (login required)

View Item View Item