Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU

DONI APRELLA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018593PGMI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018593PGMI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018593PGMI.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARAGAAN_2018593PGMI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018593PGMI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018593PGMI.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018593PGMI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018593PGMI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018593PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018593PGMI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018593PGMI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 78 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 28 siswa Sekolah Dasar Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 70,42 dengan ketuntasan klasikal 39,28%. Kemudian setelah menerapkan model Pembelajaran Mind Mapping pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75,46 dengan ketuntasan klasikal 53,57%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,21 dengan ketuntasan klasikal 78,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 May 2019 02:53
Last Modified: 21 May 2019 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item