ISMIYATUL RAHMAH (2018) STUDI KOMPARATIF ANTARA KEMAMPUAN GURU FIKIH DAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018518PAI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018518PAI.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018518PAI.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018518PAI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018518PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018518PAI.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018518PAI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018518PAI.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018518PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018518PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018518PAI.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbandingan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.Di sini peneliti dalam pengambilan Sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik ini bertujuan untuk mengambil semua anggota populasi sebagai sampel, hal ini didasarkan atas populasi yang peneliti lakukan kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi, teknik dokumentasi yaitu suatu cara pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek kajian. Untuk melakukan pengamatan, peneliti menyiapkan instrumen berupa daftar chek list. Digunakan peneliti untuk menggali data tentang perbandingan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi belajar dan teknik dokumentasi yaitu suatu cara pengumpulan data yang diperoleh melalui catatancatatan atau dokumen yang ada, seperti profil sekolah, keadaan siswa dan guru. Untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan yang signifikan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi tersebut maka digunakan rumus test-t untuk mengujinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan yang signifikan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Dari hasil analisis dengan menggunakan rumus test-t untuk mencari apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi belajar siswa diperoleh nilai t hitung -0.94 lebih kecil daripada taraf signifikan 5% (4.30) maupun 1%(9.90). dengan demikian Ha ditolak dan H0 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pebedaan yang signifikan antara kemampuan guru Fikih dan guru Akidah Akhlak dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata kunci: Studi Komparatif, Kemampuan Guru Fikih dan Guru Akidah Akhlak, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 May 2019 02:10 |
Last Modified: | 02 May 2019 02:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13005 |
Actions (login required)
View Item |