Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN VERIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ELTARIZKY FATMA (2018) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DAN VERIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018501PK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018501PK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018501PK.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018501PK.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018501PK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018501PK.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018501PK.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018501PK.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018501PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018501PK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018501PK.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya keterampilan generik sains siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tambang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran eksperimen berbasis verifikasi pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 Tambang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tambang yang berjumlah 6 kelas dengan siswa sebanyak 198 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan selisih nilai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 sebesar 3,995. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,046 dan ttabel = 1,999 atau dengan nilai sig < 0,05. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan generik sains siswa pada kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dengan kelas yang diberi perlakuan metode eksperimen berbasis verifikasi. Kata Kunci: Keterampialn Generik Sains, Model Inkuiri, Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing, Metode Eksperimen Berbasis Verifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:37
Last Modified: 30 Apr 2019 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item