Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TINGKAT PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 001 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Widia Mastuti (2011) PENGARUH TINGKAT PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 001 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011872.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan standar yang harus dimiliki oleh setiap individu yang berprofesi sebagai guru. Dengan tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar yang cukup tinggi akan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar mengajar terutama terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar guru ekonomi (variabel X) dan motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS (variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS, sedangkan objeknya adalah pengaruh tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi linear dengan metode kuadrat terkecil dan product moment. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 10.0. Berdasarkan penyajian dan analisis data, diketahui bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel yaitu 0,766. Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,586. Kontribusi tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,586 X 100% = 58,6% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA N 001 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hal ini diketahui diterimanya Ha dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:00
Last Modified: 14 Jan 2016 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item