Nawawi (2013) KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUKSI ANEKA KUE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT KONSEP EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Usaha Kue RITA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013181EI.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kreativitas dan inovasi produk aneka kue adalah salah satu bentuk upaya meningkatkkan penjualan, namun kreativitas dan inovasi produk aneka kue hanya masih sebatas untuk kosumsi daerah Pekanbaru, selain itu kreativitas dan Inovasi didasari pemahaman ekonomi konvesional yang hanya mementingkan keuntungan saja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas dan inovasi aneka Kue Rita dalam upaya meningkatkan penjualan, faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas dan inovasi produksi dan bagaimana tinjauan konsep ekonomi Islam terhadap kreativitas dan inovasi produksi aneka kue dalam upaya meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kreativitas dan inovasi aneka Kue Ibu Rita dalam upaya meningkatkan penjualan, Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kreativitas dan inovasi produksi aneka kue Ibu Rita, Tinjauan konsep ekonomi Islam terhadap kreativitas dan inovasi produksi aneka kue dalam upaya meningkatkan penjualan Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilalukan di Usaha Kue Rita. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pihak Usaha Kue Rita, dan sumber data sakunder yaitu data yang diperoleh dari informasi-informasi yang bersangkutan dengan penelitian. Dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan angket. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisis data dengan menggunakan deskriptif dengan metode penulisan deduktif, induktif, dan deskriftif. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisa, dapat diketahui bahwa kreativitas dan inovasi aneka Kue Rita dalam upaya meningkatkan penjualan dilakukan dengan cara mengoptimalkan dan menjaga kualitas bahan baku, penetapan ukuran dan bentuk, rasa dan warna yang berbeda dengan usaha yang sejenis (pesaing) dan mengkombinasi dua produk yang jenis berbeda menjadi produk baru, Faktor yang menjadi pendukung kegiatan kreasi dan inovasi produksi aneka kue Rita adalah bahan baku (material), Kemampuan sumber daya manusia, mengelolah suatu produk mulai dari mencari ide, konsep hingga teknis pengerjaannya dan partisipasi konsumen dalam menentukan kreasi dan inovasi. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu modal (capital), dalam melakukan kreasi dan inovasi sedikit banyaknya modal memainkan peran penting, sebab pada umumnya seiringan dengan penambahan nilai pada produk selalu diikuti dengan penambahan biaya serta peralatan dan perlengkapan yang modern untuk percepatan produksi. Tinjauan konsep ekonomi Islam terhadap kreativitas dan inovasi produk aneka kue. Prinsip yang mendasari kreativitas dan inovasi yang bahwa kita dituntut untuk selalu melakukan usaha dengan sikap kreatif dan inovatif agar setiap usaha yang kita lakukan memperoleh keuntungan baik dari sisi kemanusia maupun sisi Allah SWT. Dengan demikian, maka agama Islam sangat mendukung dan mendorong pengembangan kreativitas dan inovatif umatnya. Kreativitas dan inovasi yang dilakukan pada usaha kue ibu Rita tidak terdapat kejagangalan dalam hukum Islam, karena bahan baku tebuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan halal, ukuran, rasa dan warna pada umumnya sesuai tuntunan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Dec 2016 13:08 |
Last Modified: | 18 Dec 2016 13:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9845 |
Actions (login required)
View Item |