Nurfitriyani (2013) STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA GLASS DECORATIVE DI KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013176EI.pdf Download (392kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis tentang usaha glass decorative yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat khususnya daerah Pekanbaru padahal usaha ini memiliki potensi untuk berkembang karena usaha ini merupakan satu-satunya di Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi dalam mengembangkan usaha Glass Decorative di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, Apa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha Glass Decorativedi Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap strategi dalam mengembangkan usaha Glass Decorative di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi dalam mengembangkan usaha glass decorative di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha glass decorative di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap strategi dalam mengembangkan usaha glass decorative di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Sedangkan kegunaan penelitian ini untuk menambah wawasan serta pemahaman penulis dalam dunia bisnis khususnya terhadap strategi dalam mengembangkan usaha, dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam mengembangkan usaha glass decorative, dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran tentang strategi dalam mengembangkan usaha glass decorative dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk menambah pengetahuan serta pemahaman dalam dunia bisnis. Penelitian ini dilakukan pada usaha glass decorative yang berlokasi di jalan Sialang Bungkuk Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha dan para pekerja usaha glass decorative, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi dalam mengembangkan usaha glass decorative menurut perspektif ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 15 orang yang terdiri dari pemilik usaha satu orang dan 14 orang tenaga kerja. Pemilik usaha dan pekerja tersebut keseluruhannya dijadikan sampel dalam penelitian dengan menggunakan metode teknik Total Sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Angket dan Studi Perpustakaan. Analisa datanya adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis tentang strategi yang memberikan gambaran pada objek yang diteliti secara obyektif dan dianalisa serta diklasifikasikan sesuai dengan data yang diperoleh sehingga diperoleh gambaran umum tentang obyek yang diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mengembangkan usaha glass decorative strategi yang dilakukan yaitu meningkatkan mutu dan kualitas produk, menetapkan strategi harga, memberikan sosialisasi produk kepada masyarakat, memperluas pasar, meningkatkan kreatifitas sumber daya manusia, memperbaiki sistem manajemen, dan meningkatkan kualitas pelayanan.Sasaran iii pasar produk glass decorative yaitu pada kalangan ekonomi menengah keatas. Usaha ini secara garis umum mengalami peningkatan walaupun peningkatannya secara grafik tidak terlalu mengalami perubahan. Dan dalam mengembangkan usaha ini terdapat kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan bahan baku, dan keterbatasan modal. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa usaha glass decorative ini dalam mengembangkan usahanya dilihat dalam tinjauan ekonomi Islam telah sesuai dengan prinsip Syariah. Dalam pengembangan usaha yang dilakukan usaha glass decorative lebih mengutamakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk, memberikan suatu produk yang bermanfaat bagi konsumen, serta menuntut sifat yang sabar dan kreatif dalam pembuatan glass decorative. Dari pelaksanaan yang dilakukan, Islam menganjurkan para pebisnis untuk memperhatikan usahanya baik dari segi produk, pelayanan, serta keuntungan yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 18 Dec 2016 13:01 |
Last Modified: | 18 Dec 2016 13:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9840 |
Actions (login required)
View Item |