Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN USAHA RORO KATERING DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Saddam Husaini Elha (2013) STRATEGI PEMASARAN USAHA RORO KATERING DI KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013140EI.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akan banyaknya usaha penyedia jasa katering di kota Pekanbaru yang mengharuskan semua pengusaha untuk melakukan strategi pemasaran guna mempertahankan eksistensi perusahaannya di bidang ini. Sementara bagi usaha yang masih berkembang hal ini menjadi sebuah ancaman bagi perusahaan karena jika strategi pemasaran yang dilakukan tidak tepat maka sudah pasti akan kalah bersaing dengan usaha yang lainnya terutama usaha yang lebih maju. Permasalahan yang diteliti adalah strategi apa yang dilakukan usaha Roro Katering, dampak pelaksanaan strategi pemasaran tersebut serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran usaha Roro Katering. Sampel dari penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 pimpinan dan 3 karyawan bidang pemasaran dengan tekhnik purposive sampling. Sumber data penelitian ini yaitu : data primer diperoleh dari lokasi penelitian, sedangkan data sekunder dari literature, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data ini juga diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi perusahaan dan dari perpustakaan. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran dengan membina hubungan kekeluargaan dengan karyawan (pemasaran internal) dan hubungan kekeluargaan dengan pelanggan (pemasaran interaktif), ke dua strategi ini menjadi strategi yang tepat karena dapat membuat usaha ini tumbuh dan berkembang dengan pesat. Selain itu kedua strategi ini mampu membantu segala kekurangan yang masih dialami oleh Roro Katering dalam hal strategi bauran pemasaran (pemasaran eksternal). Dan ditinjau menurut ekonomi Islam, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Roro Katering sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:25
Last Modified: 16 Dec 2016 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item