Sri Wahyuni (2011) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH YAYASAN AS-SYAFI’IYAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011850.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Disiplin belajar adalah suatu perwujudan diri sikap, tingkah laku dan perbuatan seseorang yang tumbuh dari dalam kesadaran dirinya untuk belajar dengan memetauhi dan melaksanakan segala macam peraturan yang ada di sekolah. Disiplin belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah ia melakukan proses belajar, baik dalam bidang studi tertentu maupun dalam suatu cakupan kurikulum sekolah, denga menggunakan tes standar sebagai alat ukur untuk mengetahui adanya perubahan aspek kecakapan, tingkah laku dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di Madrasah Aliyah Yayasan As-Syafi’iyah Kecamatan Kamapr Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini terdairi dari dua variable, yaitu Disiplin belajar (Variabel bebas/ independent atau variable X) dan prestasi belajar Siswa (variable dependen/ terikat atau variable Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah As-syafi’iyah Kecamatan Kampar sedangkan bojeknya adlaah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 58 orang siswa, karena jumlah populasi sedikit maka penulis tidak menarik sample. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat computer melalui program SPSS (statistica program society Science) versi 16.0 for windows. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di madrasah aliyah as-syafi’iyah kecamatan kampar kabupaten kampar, dengan mengetahui bahwa rch = 0.742 jauh lebih besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.205> 0.742 <0.267
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 07:53 |
Last Modified: | 14 Jan 2016 07:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/974 |
Actions (login required)
View Item |