Nurjaini (2012) PELAKSANAAN STRATEGI PEMASARAN POLIS ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201340EI.pdf Download (649kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan strategi pemasaran polis asuransi jiwa bersama Bumiputera 1912 cabang Syari’ah Pekanbaru”. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan ( field research) di kantor Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru jalan H. Imam Munandar No 55.Adapun Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran polis Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah pekanbaru, dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanan strategi pemasaran polis Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah pekanbaru. Dan untuk mengetahui bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap pelaksanan strategi pemasaran polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru yang berjumlah 18 orang, sedangkan sampelnya penulis mengambil beberapa jumlah dari populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi dikantor Asuransi Jiwa Bumiputra 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru, ditambah dengan leteratur yang berhubungan dengan penelitian ini. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, metode tersebut di pakai untuk menganalisa data yang berasal dari pihak Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 cabang syari’ah Pekanbaru pada pelaksanaan strategi polis asuransi.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran polis asuransi jiwa pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Pekanbaru sangatlah bagus, tetapi dalam prakteknya yang diterapkan oleh tenaga pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan AJB Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru belum maksimal dikarenakan kurangnya rasa memiliki perusahaan, serta lemahnya pelaksanaan pemasaran sehingga nilai penjualan menurun. Dari semua pelaksanaan kegiatan pemasaran polis asuransi jiwa tidak terhindar dari hambatan, baik dari faktor eksternal ataupun internal. konsep strategi pemasaran yang dimiliki oleh pihak perusahaan adalah filosofi produk, hakekat produk, keistimewaan produk, serta penentuan pasar, sedangkan pelaksanaan yang diterapkan oleh tenaga penjual adalah dengan cara jemput bola yaitu langsung bertemu dengan calon nasabah. Ditinjau dari ekonomi Islam pemasaran polis asuransi jiwa yang diterapkan oleh perusahaan AJB Bumiputera 1912 Cabang Syari’ah Pekanbaru sudah terhindar dari unsur riba, dan memiliki prinsip suka sama suka, serta terbebas dari tipu daya, dan selalu menerapka konsep transparan ( keterbukaan), baik dari segi promosi ataupun pemasaran. Namun yang terpenting bahwa polis asuransi yang dipasarkan mengandung unsur tolong menolong (Ta’awun), saling melindungi, dan sesuai dengan Syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 07:32 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9544 |
Actions (login required)
View Item |