Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAKIR SULA TENTANG MARKETING BAHLUL

Parlina (2012) PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAKIR SULA TENTANG MARKETING BAHLUL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012244EI.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pemikiran Muhammad Syakir Sula Tentang Marketing Bahlul". Pada asalnya muamalat diperbolehkan sampai ada dalil yang melarangnya, emikian bunyi salah satu kaidah fiqih yang berlaku. Dengan kaidah ini ruang isnis tidak dibatisi dengan keharusan mencontoh bentuk transaksi yang pernah da di zaman Rasul, tetapi seorang muslim boleh menciptakan inovasi-inovasi isnis bare, asalkan tidak menyentuh kepada halhal yang dilarang oleh al-Quran an hadits. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pemikiran Muhammad yakir Sula tentang marketing bahlul, Pandangan Muhammad Syakir Sula tentang ertaubatan pelaku bisnis marketing bahlul, serta tinjauan Ekonomi Islam tentang marketing bahlul. Penelitian ini adalah penelitian Perpustakaan (library research). Data rimer dalam penelitian ini adalah buku yang di karang oleh Ir. Muhammad yakir Sula dengan judul Marketing Bahlul. Sedangkan data sekunder diperoleh ari buku- buku, dokumen-dokumen resmi dan artikel yang berkaitan dengan enelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Muhammad Syakir Sula terhadap marketing bahlul, serta pandangannya terhadap ertaubatan pelaku bisnis marketing bahlul, dan bagaimana tinjauan Ekonomi slam mengenai hal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa marketing bahlul adalah uatu transaksi yang dilarang dalam agama, karena selalu menghalalkan segala ara tanpa memikirkan apakah itu halal atau haram. Namun kesempatan untuk ertaubat masih terbuka lebar bagi marketer yang menyesali perbuatannya dan meneguhkan Kati agar tidak tederumus kedalam kemaksiatan yang sama. Tinjauan Ekonomi Islam mengenai marketing bahlul hukumnya adalah aram, karena setiap transaksinya dapat merugikan orang lain, cenderung menghalalkan segala cara, dan tidak dalam koridor muamalat yang diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:16
Last Modified: 07 Dec 2016 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9414

Actions (login required)

View Item View Item