Novita Hardiyanti (2012) STRATEGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PENGGUNA JASA ANGKUTAN LAUT PADA PT. ABIMAYU SHIPPING DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012158EI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi PT. Abimay u Shipping Dumai dalam upay a meningkatkan jumlah penumpangny a, dan Apa saja kendala-kendala yang dihadapi PT. Abimay u Shipping Dumai dalam upay a meningkat kan jumlah penumpangnya, serta bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap strategi dalam meningkatkan jumlah penumpang angkutan laut pada PT. Abimay u Shipping Dumai. Adapun y ang menjadi tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui strategi PT. Abimay u Shipping Dumai dalam upay a meningkatkan jumlah penumpangny a, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapiPT.Abimayu Shipping Dumai dalam upay a meningkatkan jumlah penumpangnya, dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap strategi dalam meningkat kan jumlah penumpang angkutan laut pada PT. Abimay u Shipping Dumai. Penelitian ini berlokasi di PT. Abimay u Shipping Dumai y ang beralamat di Jalan Jendral Soedirman No. 249 Dumai. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT. Abimay u Shipping Dumai y ang berjumlah 12 orang serta para pengguna jasa yang berjumlah 374 orang, untuk itu penulis menggunakan teknik insidentil sampel yaitu pengambilan sampel y ang diperoleh semata-mata dari keadaan-keadaan y ang insidental atau kebetulan.Sumber data yang digunakan dalam penelit ian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitat if, serta menggunakan metode penulisan data deduktif, induktif, dan deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PT. Abimay u Shipping Dumai dalam meningkatkan jumlah penumpangnya masih belum mencapai tahap sempurna mulai dari aspek pela yanan, fasilitas serta harga yang ditetapkan perusahaan karena masih banyak para penumpang yang belum merasa puas aka n hal tersebut. Akan tetapi dalam hal promosi para pengguna jasa banyak y ang setuju dengan alasan masy arakat akan lebih mengenal keberadaan perusahaan tersebut.Adapun kendala – kendala y ang dihadapi PT. Abimay u Shipping Dumaidalamupayameningkatkanjumlahpenumpangny aadalahadanyapersainganan tarperusahaan, pembinaan dan pemeliharaan karyawan perusahaan yang kurang baik, kesejahteraan kar y awan yang belum terpenuhi, kegiatan promosi y ang belum berjalan lancar, serta pela y anan yang kurang optimal. Sedangkan pandangan ekonomi Islam terhadap strategi PT. Abimay u Shipping Dumai dalam upay a meningkatkan jumlah penumpangnya ialah parakar yawan perusahaan belum sepenuhnya menerapkan budaya kerja sy ariah y aitu dengan menerapkan sifat shiddiq, istiqamah, fathanah, amanah, dan tabligh. Karena dala m sebuah perusahaan hal paling penting selain unsur– unsur y ang bersifat teknis adalah unsur – unsur y ang bersifat ruhiy ah, bersifat hatidan spiritual.Artiny a pengembangan diri kar y awan dapat diimplementasikan dengan baik di samping faktor – faktor keterampilan y ang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 01:38 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 01:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9352 |
Actions (login required)
View Item |