Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH GEOMETRI TRANSFORMASI

Mas`ud Zein and Risnawati and Defi (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH GEOMETRI TRANSFORMASI. In: The 2nd International Symposium on Mathematics Education Innovation, 22 - 23 November 2012, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Mind Mapping.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kreatif dan kritis merupakan bagian dari kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi. Penyebab rendahnya kemampuan berfikir kreatif dan kritis dalam perkuliahan Geometri Transformasi antara lain karena tidak tepatnya metode yang digunakan dosen. Mahasiswa cenderung hanya mendengar, mencatat definisi, rumus, contoh soal, dan mengerjakan latihan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam menyikapi masalah tersebut adalah melalui pemilihan model perkuliahan yang dapat menciptakan lingkungan di mana mahasiswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan yang bermanfaat. Model PBI dengan Mind Mapping adalah suatu model belajar yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi perkuliahan untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah apakah terdapat perbedaan model PBI dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif dan kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2012 dengan subjek penelitian 92 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berfikir kreatif dan kritis, lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan kritis matematika antara siswa yang memperoleh model PBI dengan Mind Mapping dengan siswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Berdasarkan temuan penelitian, maka penerapan model PBI dengan Mind Mapping dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemapuan berfikir kritis dan kreatif Kata Kunci: Problem Based Instruction, Mind Mapping, Kemampuan berfikir kreatif, Kemampuan berfikir Kritis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:18
Last Modified: 07 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9350

Actions (login required)

View Item View Item