Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 029 TARAI BANGUN

Syaiful Bahri (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 029 TARAI BANGUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013672PGMI.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan memahami cerita anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 029 Tarai Bangun. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami cerita anak dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa dalam memahami cerita anak hanya mencapai persentase 58% dengan kategori “Sedang”, karena 58% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan siswa dalam memahami cerita anak tergolong “Sedang”, karena 66% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam memahami cerita anak meningkat menjadi 77% dengan ketegori “Baik”, karena sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa dalam memahami cerita anak telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita anak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas III SDN 029 Tarai Bangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 02:09
Last Modified: 26 Nov 2016 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item