Titin solihat (2013) MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TIM KUIS PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-JABAR BENGKONG BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013642PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berdasrkan hasil pengamatan di Mi Aljabar bengkong Batam, ditemui beberapa penomrna tentang masalah rendahnya aktivitas belajar. Seperti siswa kurang memperhatikan dalam belajar, kurang aktif bertanya didalam kelas suasana belajar yang pasif hanya berjalan satu arah yakni dari guru kesiswaan. Dan untuk mengatasi rendahnya aktivitas siswa maka penulis menerapkan strategi Tim Kuis untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian kelas ini berhasil dengan baik, tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian. Peneliti menyusun tahapan – tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumusan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui strategi tim kuis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sebelum tindakan berada pada katagori sangat rendah, sikus I aktivitas murid meningkat berada pada katagori rendah yaitu pertemuan pertama 37%. Pada pertemuan kedua yaitu 50% Sedangkan siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan yaitu pertemuan pertama 65% pada pertemuan kedua 85% katagori sangat memuaskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Nov 2016 01:42 |
Last Modified: | 26 Nov 2016 01:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9258 |
Actions (login required)
View Item |