Eliza Orti (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V MIS NURUL AMANATUL HAQ TIBAN LAMA KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013637PGMI.pdf Download (628kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dalam proses belajar mengajar pada kelas V MIS. Nurul Amanatul Haq Tiban Lama Kecamatan Sekupang Kota Batam Tahun Pelajaran 2011/2012, hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada setiap evaluasi rendah dan berada di bawah rata-rata mata pelajaran lain. Ini dibuktikan dari temuan; hanya 6 siswa atau 16,22% dari 37 siswa berkategori nilai baik, 13 siswa atau 35,14% dari 37 siswa berkategori nilai cukup, dan 18 siswa atau 48,65% dari 37 siswa berkategori nilai kurang, dengan rata-rata nilai mata pelajaran 59,41. Selain itu sebagian besar atau kurang lebih 70% dari 37 siswa kurang berkonsentrasi terhadap proses pembelajaran. Banyak siswa yang ngobrol dengan temannya dan bermain ketika proses pembelajaran berlangsung, ditambah pula dengan masih banyaknya siswa yang pasif daripada yang aktif. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas, maka dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: apakah penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelaksanaan Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas V MIS. Nurul Amanatul Haq Tiban Lama Kecamatan Sekupang Kota Batam? Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MIS. Nurul Amanatul Haq Tiban Lama Kecamatan Sekupang Kota Batam Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 37 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara Indonesia menggunakan metode role playing. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh kebenaran yang objektif dalam pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan, kodifikasi, dan kategorisasi data, 2) validitas data (triangkulasi data, audit trail, member check) dan 3) interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum 59,41 dengan 48,65% dari 37 siswa dalam kategori nilai kurang. Setelah diadakan tindakan pada siklus I berubah naik menjadi 65,43 dengan 40,54% dari 37 siswa dalam kategori nilai kurang, pada siklus II berubah naik menjadi 72,84 dengan 13,51% dari 37 siswa dalam kategori nilai kurang, dan pada siklus III berubah naik menjadi 81,08 dengan 0% dari 37 siswa dalam kategori nilai kurang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Nov 2016 01:36 |
Last Modified: | 26 Nov 2016 01:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9254 |
Actions (login required)
View Item |