Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PEER TEACHING SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH KOTA BATAM

Itasentil Veriyani (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PEER TEACHING SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYYATUL HIDAYAH KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013635PGMI.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Adapun gejala-gejala yang peneliti temui dilapangan yaitu rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa, sehingga dapat diketahui dari 20 siswa hanya 59,4 % siswa yang memiliki keaktifan, ini pun tergolong kurang. Banyak siswa yang diam dalam belajar, dan saat pembelajaran berlangsung siswa terkesan sulit untuk maju kedepan dan menjawab pertanyaan Berdasarkan latarbelakang masalah yang telah dipaparkan maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini sebagai beriku: Apakah dengan menggunakan metode simulasi Peer Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV MI. Tarbiyyatul Hidayah Kota Batam. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI. Tarbiyyatul Hidayah Kota Batam dengan jumlah 20 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan tahun pelajaran 2011-2012. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah tentang meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS serta penggunaan metode simulasi peer teaching, adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keaktifan siswa sebelum diadakan tindakan hanya mencapai 59,4% dalam kategori masih kurang. Setelah diadakan tindakan siklus I maka tingkat keaktifan siswa berubah naik menjadi 68,75% dalam kategori baik, kemudian dilanjutkan pada siklus kedua tingkat keaktifan siswa menjadi 83,13% dengan kategori baik sekali. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode simulasi Peer Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV MI. Tarbiyyatul Hidayah Kota Batam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Nov 2016 01:33
Last Modified: 26 Nov 2016 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9252

Actions (login required)

View Item View Item