Musmuliyana (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA SISWA KELAS VMADRASAH IBTIDAIYAH DARUL JANNAH TELUK AIR KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013615PGMI.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemuinya beberapa gejala-gejala atau fenomenafenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajar IPA. Gejala-gejala tersebut yaitu 1) Dalam proses pembelajaran siswa cenderung banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, 2) Siswa jarang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan setelah guru menjelaskan materi pelajaran. Dengan demikian peneliti menerapkan metode Inquiry dengan tujuan agar hasil belajar siswa MI Darul Jannah Teluk Air Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus menumbuhkan keberanian siswa untuk bertanya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Darul Jannah Teluk Air Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode Inquiry. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Jannah teluk Air Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun? Berdasarkan hasil penelitian, setelah diterapkannya metode inquiry dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I persentase siswa yang tuntas menjadi meningkat sebesar 75%. Pada siklus II, hasil persentase tersebut menjadi 93,75%. Dengan demikian penerapan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Darul Jannah Teluk Air Kec. Karimun Kabupaten Karimun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 26 Nov 2016 01:28 |
Last Modified: | 26 Nov 2016 01:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9249 |
Actions (login required)
View Item |