Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN PERKALIAN PLAT NOMOR KENDARAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU

Rina Mahdalena (2013) PENERAPAN METODE PERMAINAN PERKALIAN PLAT NOMOR KENDARAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 002 TANJUNG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013607PGMI.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika pada kelas III Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung. Berdasarkan analisa hal ini dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru selama ini. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode permainan pelat nomor kendaraan yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan pelat nomor kendaraan yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung yang berjumlah 39 orang. Adapun objek penelitiannya adalah penerapan metode permainan pelat nomor kendaraan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 002 Tanjung. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini indikator keberhasilan minat siswa belajar matematika yang ditetapkan adalah mencapai minimal dengan persentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode permainan pelat nomor kendaraan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat siswa dari sebelum tindakan rata-rata sebesar 59.49% dengan kategori sedang, siklus I meningkat sebesar 69.74% dengan kategori sedang, siklus II minat siswa mencapai rata-rata 74.36% dengan kategori tinggi, dan pada siklus III rata-rata minat siswa mencapai 82.05% dengan kategori tinggi. Sehingga peningkatan minat siswa meningkat dari sebelum tindakan hingga tindakan pada siklus III mecapai sebesar 22.56%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:46
Last Modified: 25 Nov 2016 15:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9246

Actions (login required)

View Item View Item