Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JALAN UNTUK DILINTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Jusniati (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JALAN UNTUK DILINTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013581PGMI.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Jalan untuk dilintasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2012 subjek 9 orang dengan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran jalan untuk di lintasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan persentase sebesar 33% dengan kategori sangat kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan persentase 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase 78% dengan ketegori baik. Strategi pembelajaran Jalan untuk dilintasi yang dapat meningkatkan hasil belajar untuk diterapkan oleh guru dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menyediakan sebuah rubrik model, siswa memperhatikan sebuah rubrik model di depan kelas, siswa menelusuri rubrik model, siswa memperhatikan saat guru menerangkan tujuan kegiatan, siswa melaksanakan pembelajaran dengan rubrik yang masih di depan kelas, siswa memberikan jawaban terhadap pertanyaan guru untuk menilai kemajuan yang telah mereka dapatkan, siswa mengikuti evaluasi, guru bersama siswa merumuskan kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Nov 2016 15:27
Last Modified: 25 Nov 2016 15:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9234

Actions (login required)

View Item View Item