Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR

Erni Muliati (2013) ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013354ADN.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Pelayanan pada dasarnya dapat didefenisikan sebagai aktivitas seseoang, sekelompok atau organisasi baik langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan. Monif (2003:16) mengatakan bahwa pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung. Pelayanan publik menurut Seimanbela (2005:5) adalah sebagai setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap sejumlah manusia yang memiliki setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan, dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik. Agung Kurniawan (2005:6) mengatakan bahwa pelayanan publik adalah pemberian pelayanan (melayani) keperluan orang lain atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Pelayanan publik adalah pemberian pelayanan pemerintah terhadap publik sesuai dengan apa yang publik harapkan, dengan biaya relatif harus lebih rendah, waktu untuk mengerjakan relatif cepat, mutu yang diberikan relatif lebih bagus (Syafi’i, 2003 : 116). Dalam menelaah masalah ini lebih dalam, penulis menjadikan masalah masalah yang ada sebagai objek penelitian yang berjudul ”Analisis Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar”. Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah pelayanan publik yang dilaksanakan oleh operator Dinas Kependuduan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar”. Jumlah responden pegawainya 28 orang, masyarakat 6 orang, dijadikan sebagai sampel dari populasi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapatlah disimpulkan analisis pelayanan publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 25 Nov 2016 08:34
Last Modified: 25 Nov 2016 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item