Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005GANTING DAMAIKECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Intan Maya Sari (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005GANTING DAMAIKECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013540PGMI.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pengukuran sudut di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran FIREUP dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sedangkan objek yang diteliti adalah penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dan hasil belajar matematika. Sampel siswa ini adalah seluruh siswa kelas IV yaitu 23 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 005 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Peningkatan hasil belajar matematika siswa terjadi melalui metode-metode yang dilakukan dalam strategi pembelajaran FIRE-UP. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan dengan nilai rata-rata siswa sebelum tindakan 61,95 dan ketuntasan klasikal 52,17%. Kemudian setelah tindakan siklus I (pertemuan pertama dan kedua) nilai rata-rata kelas menjadi 68,26 dan ketuntasan klasikal 65,22%; siklus II (pertemuan ketiga dan keempat ) nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 74,35 dan ketuntasan klasikal 82,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Nov 2016 15:13
Last Modified: 24 Nov 2016 15:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item View Item